18 Januari 2012

Tentang Cat

Sebenernya membuat cat itu mudah lohh.. sebagai orang awam di dunia perkimiaan, aku gak terlalu ngerti jenis-jenis bahan kimia apalagi fungsi dan cara penangannya.
Namun sebagai gambaran umum bagi orang awam, berikut adalah komposisi dari cat yang biasa kita temukan atau pergunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.


Cat sebagai bahan pelindung dan pemanis penampilan, pada dasarnya terdiri dari 4 komponen utama yaitu pewarna, perekat, pelarut dan additives.

  1. Pewarna
Setiap orang pasti memiliki selera warna yang berbeda-beda. Saya suka ungu tua dan gradasi warna dari gelap ke terang, teman saya senangnya warna hijau. Katanya sih warna kesukaan itu mencerminkan kepribadian kita, dan memang setiap warna memiliki sifat dan fungsi tersendiri dalam membangun mood atau emosi kita (percaya deh!).
anda sendiri sukanya warna apa?

Warna dari cat yang digunakan, bahannya bukan dari sembarang bahan lho...Untuk bahan cat, sifat dari pewarna dibagi menjadi 3 bagian juga yaitu pewarna Aktif (contohnya Serbuk Zn, Zn kromat, Pb0 Pb02 / timbal hitam, Ca2 Pb04), pewarna Pasif (contohnya Fe 203 / Ferro Oxide, Ti 02 / Titanium Dioxsida dan lain-lain) dan pewarna Extender (Ca C03, Talc, China Clay, Barite)

  1. Perekat
Bagaimana caranya cat menempel pada bidang yang akan kita warnai? (bisa tembok, kayu, besi, genteng, lantai, atau bahkan jalan raya) ya pastinya pake lem dung. Istilahnya “perekat”. Contoh bahan perekat yang digunakan diantaranya adalah Drying oil, Alkyd resin, Bitumen, Chlorinated rubber, Vinyl, Epoxy, Polyurethane, Silicate, Acrylic, dll.

  1. Pelarut
Kok bisa sih berbagai macam bahan kimia tersebut tercampur dan dipersatukan? Hehehee
Ya pake pelarut dong.. pelarut yang bisa digunakan disini diantaranya adalah Senyawa NC, Mineral, spirit, Etter, Keton

  1. Additives
Inilah baha yang membuat cat jadi murahan atau bahkan harganya setinggi langit.
Istilahnya ada harga ada kualitas.
Makin banyak bahan additives yang digunakan ya, harga catnya makin mahal. Bahan ini digunakan sebagai nilai jual cat. Pernah dong denger cat yang bisa tahan & awet selama 5 tahun? Atau cat yang gak pernah ngelupas-ngelupas walaupun disimpen di luar yang notabenenya bisa kena terik matahari, hujan, debu, dll? Nah, disini peran additives yang muncul. Sedangkan jenis additive sendiri diantaranya adalah Anti setlling agent, Anti skinning, Anti floating, Anti sagging.


Sudah tidak merasa asing dengan bahan pembuat cat kan?
Cara buatnya gampang-gampang susah sih, tapi untuk proses besarnya hampir mirip-mirip kalau kita bikin adonan kue (Cuma yang ini gak pake masuk proses baking). Masukkan bahan A sebanyak sekian dan bahan B dulu, kemudian di mixer, campurkan bahan C sampai merata. Simple tapi rumet lah. Hahahaa~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar